Pengertian Sistem Operasi Android dan Perkembangannya

Pengertian sistem operasi android dan perkembangannya

 

Definisi Android - Android merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Dan beberapa smartphone sudah menggunakan OS Andoid antara lain, Evercoss, Advan, Lenovo, SmartFren, Asus, Sony, Samsung dan Google pun mempunyai perangkat sendiri yang dinamakan NEXUS.

Sistem operasi Android (OS) - didasarkan pada kernel Linux terbuka. Berbeda dengan Sistem Operasi seperti WINDOWS PHONE, Android adalah open source, yang berarti pengembang dapat memodifikasi dan menyesuaikan OS untuk setiap telepon. Atau jika ingin lengkap nya tentang Open Source dari linux Anda bisa mengunjungi link berikut ini > Pengertian dan Sejarah Singkat Sistem Operasi Linux <. Meskipun banyak smartphone yang menggunakan basis yang sama sistem operasi Android , Ciri khusus daripada interface (Antar muka) pengguna grafis UI yang beragam.

Saingan - Meskipun tidak menggunakan OS ini pun pasti yang diperjual-belikan mempunyai saingan, Dikarenakan berbagai fitur dari berbagai smartphone memiliki fitur yang sedikit mirip ataupun hanya berbanding 11:12 dan harganya pun hanya sedikit berselisih. Itu tergantung anda yang memilih smartphone, Mewah atau tidak nya anda yang menentukan karena Android Merupakan sistem operasi yang berbasis Open Source. 




Sejarah Perkembangan Android.

Sedikit cerita sejarah android, Android adalah sistem operasi berbasis kernel Linux yang pada awalnya dikembangkan oleh Android, Inc, yang didukung Google finansial dan kemudian dibeli pada tahun 2005. Maka dari itu pasti di Ponsel anda ditemui Aplikasi yang bernama Layanan Google Play yang berfungsi diantaranya untuk mendukung atau sebagai penunjang dari aplikasi atau game yang memerlukan layanan dari Google Play Services ini. Diantara aplikasi nya seperti Google Play Game, Clash Of Clans, Clash Royale, Google Play Music dan lain sebagainya. Kabar baiknya lagi Google memasarkan platform tersebut kepada produsen perangkat seluler dan operator nirkabel, dengan janji bahwa mereka menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa diperbarui. Google telah memilih beberapa mitra perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras, serta mengisyaratkan kepada operator seluler bahwa kerjasama ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi.

Android ini diresmikan pada tahun 2007 seiring dengan berdirinya Open Handset Alliance-konsorsium hardware, software, dan perusahaan telekomunikasi yang ditujukan untuk memajukan standar perangkat selular. What ?? Standar Perangkat Seluler ? lha trus bagaimana dengan OS sebelumnya seperti Java, Symbian dll. Tenanglah kawan ini hanya perkembangan dari Dunia Global, jadi dengan seiring waktu kita juga harus menemukan hal baru, dan bukan OS sebelum Android adalah yang kurang lengkap fitur tapi ternyata Dulu nya ponsel mereka lah yang menguasai Pasar Dagang, intinya ya Semua Ada Pada Waktunya, hehehee..

Smartphone yang tersedia untuk publik pertama kalinya yang menjalankan Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008, tentu anda yang belum tahu pasti menduga bahwa Samsung adalah smartphone android yang pertama kali keluar, benar kan?? Pada tahun 2010, Google merilis seri Nexus; perangkat telepon pintar dan tablet dengan sistem operasi Android yang diproduksi oleh mitra produsen telepon seluler seperti HTC, LG, dan Samsung. HTC bekerjasama dengan Google dalam merilis produk telepon pintar Nexus pertama, yakni Nexus One. 

Lanjuttt, Sejak tahun 2008, Android secara bertahap telah melakukan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Setiap versi utama yang dirilis dinamakan secara alfabetis berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut atau cemilan bergula; misalnya, versi 1.5 bernama Cupcake, yang kemudian diikuti oleh versi 1.6 Donut. Versi terbaru adalah 5.0 Lollipop, yang dirilis pada 15 Oktober 2014, Bahkan sekarang sudah ada Android MarshMallow versi 6.0 (19 Agustus 2015).


Selengkapnya, berikut adalah list dari perkembangan  Android 1.0 sampai 6.0



Sumber: WikiPedia

Sekian Posting kali ini semoga bermanfaat. 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
admin
31 Maret 2022 pukul 12.56 ×

Pengertian Sistem Operasi Android Dan Perkembangannya ~ Pahlawan Kedinginan >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Pengertian Sistem Operasi Android Dan Perkembangannya ~ Pahlawan Kedinginan >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Pengertian Sistem Operasi Android Dan Perkembangannya ~ Pahlawan Kedinginan >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Terimakasih telah berkunjung, jika berkenan silahkan untuk mengisi komentar. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment