Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Kelebihan dan Kekurangan dari GNU/Linux

Operating System Linux - Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang berbasis Unix yang disebarluaskan ke masyarakat secara gratis dan berada di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti bahwa Linux didistribusikan berikut dengan source code-nya. Meskipun open-source tetapi OS linux ini selain mempunyai kelebihan ia juga memiliki kekurangan diantaranya adalah:


Kelebihan Sistem Operasi Linux,


1. Linux mempunyai tampilan grafik yang baik.

Dibanding dengan OS lain, linux pun tak kalah dengan kemampuan grafiknya yang baik. Linux mendukung tampilan grafik yang bagus dan juga eye catching. Terutama pada distro linux yang menggunakan sistem full grafis, dimana semua command dan juga perintahnya menggunakan sistem grafis.
2.  Sistem operasi yang memiliki code bit 32 (Tidak Rentan Crash Aplikasi)

Code 32 bit yang digunakan pada sistem operasi Linux membantu sistem operasi ini dapat berjalan dengan baik, dan membantu menghindari terjadi crash pada saat sebuah aplikasi dijalankan. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika ingin menginstall aplikasi lain yang diinginkan karena khawatir bit tidak seimbang, operating system linux tidak akan membuat komputer sering hang akibat penggunaan software tertentu selama penggunaan baik-baik saja. 

3. Tingkat keamanan yang baik.

Tingkat keamanan di Sistem Operasi linux ini tergolong baik, dan tidak kalah dengan OS populer lainnya. Banyak Pengguna dari linux juga meng-klaim bahwa  segi keamanan dari linux yang terbaik dibandingkan OS populer lainnya.

4. Sistem Operasi yang mudah dimodifikasi terhadap source code

Untuk programmer, melihat linux akan terasa menarik.  Karena source code dari linux merupakan jenis source code yang open source dan juga menggunakan bahasa C, Sehingga hal ini akan memudahkan kita untuk dilakukan modifikasi pada sistem operasi linux.

5. Open Source sekaligus sistem operasi Gratis

Linux ini tidak memerlukan lisensi seperti windows yang harus membeli lisensi untuk pengaktifan sistem operasinya yang harganya dibandrol sekitar 500ribu. Jika dalam linux ini anda bisa mengolah dan menggunakannya secara gratis dan juga ada beberapa OS linux yang bisa dibeli secara murah.

6. Software bawaan sudah diinstall sehingga mudah digunakan.

Linux juga memiliki beberapa software bawaan yang dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan mudah. Software ini berhubungan dengan software utilitas, seperti software jaringan dan juga software yang berhubungan dengan driver yang mudah diinstall juga.

7. Spesifikasi yang digunakan linux tidak terlalu tinggi.

Anda tidak perlu khawatir untuk mengoperasikan Sistem Operasi ini, Karena linux hanya membutuhkan hardware yang berspesifikasi rendah. Dan linux merupakan sistem operasi yang ringan dan cocok untuk PC yang berspesifikasi rendah.

8. Penggunaan software linux akan mencegah user dari pembajakan hak cipta.
Saat ini, pembajakan pada sistem operasi, terutama sistem operasi Windows sangat marak terjadi. Karena itu, bagi user yang menggunakan sistem operasi linux, user tersebut dapat mendukung penghargaan terhadap hak cipta. Dengan cara tidak menggunakan produk-produk bajakan.

Kekurangan sistem operasi linux,

 Linux - Selain mempunyai banyak kelebihan linux pun tak luput dari kekurangannya diantaranya adalah 

1. Kurangnya dukungan software yang populer

Software populer, seperti games dan juga aplikasi-aplikasi popler masih banyak yang belum mendukung sistem operasi Linux. Hal ini menyebabkan akan sulit untuk menyesuaikan diri dengan menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi Linux. Terutama jika menggunakan software gratis, seperti software gratis untuk edit video yang kebanyakan hanya fit pada sistem operasi windows. 

2. Linux kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya, sehingga terlihat inferior

Kelemahan linux yang paling banyak, yaitu kalah bersaing dengan sistem operasi lain seperti Windows dan juga Mac OS. Meskipun bersifat opensource, dan juga murah, hal ini ternyata tidak membuat linux menjadi sangat populer seperti sistem operasi lainnya.

3. Saat linux crash dan bermasalah sulit untuk memperbaikinya.

Tidak banyak teknisi yang memahami sistem operasi linux. Hal ini dikarenakan memang jarang user yang menggunakan sistem operasi Linux, sehingga dukungan terhadap trouble shooting secara fisik agak sulit. Yang bisa dilakukan hanyalah mengandalkan forum-forum linux yang banyak ditemukan di Internet.


Terimakasih telah membaca postingan kami, Semoga bermanfaat. 
Previous
This is the oldest page

Terimakasih telah berkunjung, jika berkenan silahkan untuk mengisi komentar. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment